Jumat, 21 Desember 2012

Ruang lingkup psikologi pendidikan

Pada dasarnya psikologi pendidikan mempelajari seluruh tingkah laku manusia yang terlibat dalam proses pendidikan, yakni guru dan murid. Akan tetapi jika kita membaca beberapa buku psikologi pendidikan maka ruang lingkup psikologi pendidikan yang kita peroleh akan berbeda-beda jawabannya. Sebagian buku menunjukkan lingkup yang luas sebagian buku lagi menunnjukkan lingkup yang lebih sempit atau terbatas. Buku yang ruang lingkupnya luas biasanya selain membahas tentang belajar mengajar juga membahas perkembangan, hereditas dan lingkungan, kesehatan mental, evaluasi belajar, dan sebagainya. Sedangkan buku yang lebih sempit biasanya membahas proses belajar mengajar saja. Perbedaan ini sangat dipengaruhi oleh maksud penulis dalam menulis buku itu. Ada yang hanya memberikan pengantar saja, dll.

Jadi boleh dikatakan bahwa tidak ada dua buku psikologi pendidikan yang menunnjukkan ruang lingkup materi yang sama. Walaupun demikian pada dasarnya psikologi pendidikan membahas hal-hal sebagai berikut:
  1. Gejala jiwa
  2. Diagnosis kesulitan belajar
  3. Perbedaan individu
  4. Masalah belajar maupun mengajar
  5. Hereditas (Pewarisan Watak/Penurunan Sifat dari ortu ke anak) dan lingkungan
  6. Evaluasi

Disamping itu perlu diketahui bahwa bahwa banyak buku psikologi pendidikan yang tidak memberikan judul dengan kata-kata psikologi pendidikan, padahal buku itu benar-benar buku psikologi pendidikan, dalam arti buku itu membahas serta mendalami pokok-pokok bahasan tertentu dalam psikologi pendidikan. Maka untuk mendalami psikologi pendidikan tidak senantiasa membaca buku yang berjudul Psikologi Pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar