Whiterington (1978) mendefinisikan psikologi pendidikan sebagai studi sitematis tentang proses-proses dan faktor-faktor kejiwaan yang berhubungan dengan pendidikan manusia.
Sumadi Suryabrata (1984) mengatakan bahwa psikologi pendidikan sebagai pengetahuan psikologi mengenai anak didik dalam situasi pendidikan.
Elliot dkk. (1999) menyatakan bahwa psikologi pendidikan merupakan penerapan teori-teori psikologi untuk mempelajari perkembangan, belajar, motivasi, pengajaran dan permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan.
Dari berbagai definisi diatas penulis menyimpulkan bahwa psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan. Dalam psikologi pendidikan dibahas berbagai tingkah laku yang muncul dalam proses pembelajaran. Di dalamnya terkait berbagai tingkah laku yang perlu dicantumkan ketika guru mengajar dan bagaimana siswa belajar.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar