Jumat, 21 Desember 2012

Definisi psikologi

Psikologi berasal dari kata dalam bahasa yunani Psychology yang merupakan gabungan kata psyche dan logos. Psyche berarti jiwa dan logos berarti ilmu. Secara harfiah psikologi diartikan sebagai ilmu jiwa. Istilah psyche atau jiwa masih sulit didefinisikan karena jiwa itu bersifat abstrak, sulit dilihat wujudnya, meskipun tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Dalam beberapa dasawarsa ini istilah jiwa sudah jarang dipakai dan diganti dengan psikis.

Gejala jiwa pada manusia dibedakan menjadi [1] gejala pengenalan (kognisi) [2] gejala perasaan (afeksi) [3] gejala kehendak (konasi) dan [4] gejala campuran (psikomotorik).

[1] Gejala pengenala (kognisi)
Gejala ini merupakan proses atau upaya manusia dalam mengenal berbagai macam stimulus (informasi) yang masuk ke dalam alat indranya, menyimpan, menghubung-hubungkan, menganalisis dan memecahkan sesuatu masalah berdasarkan stimulus (informasi) tersebut. Termasuk gejala pengenalan adalah pengindraan dan persepsi, asosiasi, memori, berfikir, intelegensi.
[2] Gejala perasaan (afeksi)
Adalah kemampuan untuk merasakan suatu stimulus yang kita terima, termasuk didalamnya adalah perasaan sedih, senang, bosan, marah, benci, cinta dan lain sebagainya. Afeksi atau perasaan manusia yang kuat sering disebut juga dengan emosi.
[3] Gejala kehendak (konasi)
Contohnya antaralain: hasrat dan kemauan
[4] Gejala campuran (psikomotorik)
Yakni merupakan gabungan dari gejala kognitif dan afektif, yang memunculkan suatu gerak atau tingkah laku tertentu. Contohnya: Belajar, sugesti, kelelahan, kepribadian dan berbagai bentuk yang melibatkan gerak motorik, misalnya berbicara, berjala, dan maka.

Ensiklopedi nasional Indonesia Jilid 13 (1990) menyatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat secara langsung maupun yang tidak dilihat secara langsung.
Dakir (1993) menyatakan bahwa psikologi membahas tingkahlaku manusia dalam hubungannya dalam lingkungannya.
Muhibbin Syah (2001) menyimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok dalam hubungannya dengan lingkungan.

Dalam beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkahlaku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkahlaku tersebut berupa tingkahlaku yang tampak maupun tidak tampak, yang disadari maupun yang tidak disadari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar